Pertanda Kehamilan Ektopik Terganggu

Pertanda Kehamilan Ektopik Terganggu

Kehamilan ektopik merupakan kondisi dimana proses terjadinya pembuahan sel telur diluar rahim, beberapa orang menyebut kondisi hamil ini dengan nama hamil diluar kandungan atau rahim. Pada beberapa kasus kehamilan ektopik terganggu, tidak akan bertahan lama dan ibu yang mengalami kondisi ini akan mengalami keguguran.

Jadi, hamil diluar kandungan ini terjadi apabila sel telur yang dibuahi sperma tidak menempel serta tumbuh di dalam rahim, melainkan menempel di sisi luar rahim dan biasanya letaknya di bagian tuba falopi. Tuba Fallopi ini sendiri merupakan saluran kecil yang dilewati sel telur ketika menuju rahim, dan Apabila sel yang menempel di Fallopi ini dibiarkan mengembang maka akan menyebabkan pecahnya tuba falopi dan hal tersebut sangat berbahaya.

Selain itu bila hal ini dibiarkan maka akan membahayakan nyawa sang ibu, dan tentu hal ini tidak diinginkan oleh siapapun. Karena hal ini dapat terjadi pada siapapun, maka penting untuk Anda mengetahui gejala hamil diluar kandungan ini.

Dan Berikut ini beberapa penyebab resiko terjadinya hamil diluar kandungan:

  1. Memiliki riwayat hamil ektopik

Kemungkinan terbesar seorang ibu mengalami hamil diluar kandungan apabila Ibu tersebut pernah mengalami kondisi yang sama sebelumnya.

  1. Pelvic inflammatory disease atau PID

Penyakit ini sering disebut dengan radang panggul, dimana Penyakit ini disebabkan oleh infeksi akibat penyakit menular seksual.

  1. Masalah kesuburan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kesulitan memiliki keturunan dengan penggunaan obat yang bertujuan untuk menyuburkan.

  1. Kelainan bentuk

Hamil diluar kandungan biasanya akan meninggalkan Tuba falopi dalam keadaan yang berantakan atau rusak, dan biasanya dokter perlu melakukan operasi untuk merekontruksi agar Tuba falopi kembali ke bentuk semula.

  1. Alat kontrasepsi

Pemilihan alat kontrasepsi yang kurang tepat juga dapat menimbulkan resiko terjadinya hamil diluar kandungan.

Gejala yang dirasakan oleh orang yang mengalami hamil diluar kandungan adalah:

  • Nyeri perut atau panggul yang sangat parah serta mengalami pendarahan pada vagina.
  • Mengalami pusing yang ringan hingga tinggi bahkan hingga pingsan.

Dan bila anda mengalami beberapa hal di atas, ada baiknya bila anda segera menghubungi tim medis ataupun dokter spesialis kandungan.

Author: info