Baju Adat Jawa Tengah Yang Terkenal

Baju adat Jawa Tengah penuh dengan daya tarik tersendiri sebagai bagian budaya Indonesia. Di setiap pagelaran kesenian jawa Tengah, pakaian tersebut selalu dikenakan guna untuk dilestarikan. Terdapat simbol bangsa Jawa yang kuat saat pakaian adat tersebut dikenakan, makna dan filosofis sangat terkandung dalam pakaian yang mereka kenakan.

Yang perlu kita sadari dan waspadai adalah, jangan sampai kekayaan budaya daerah Indonesia ini pupus dimakan oleh zaman. Saat ini Anda bisa melihat dengan mudah melalui internet, jadi tidak ada alasan untuk anda tidak mengenal pakaian adat Jawa Tengah.

 

Berikut ini kita akan bahas satu persatu pakaian tradisional adat Jawa Tengah:

  1. Jawi jangkep

Jawi jangkep adalah pakaian resmi yang dipakai oleh kaum pria, dimana pakaian tersebut terdiri dari baju atasan yang memiliki motif bunga-bunga dan bawahan berupa jarik dengan motif batik yang dipakai dengan melilitkan bagian atas pinggang. Dan untuk aksesoris kepalanya menggunakan blangkon, dimana blangkon tersebut terbuat dari kain yang memiliki banyak sekali corak. Seperti pakaian adat lain, dimana keris disematkan pada pakaian ini dan biasanya keris tersebut diselipkan di bagian belakang.

  1. Blangkon

Blangkon merupakan penutup kepala tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat Jawa, di mana blangkon tersebut memiliki filosofis sekaligus simbol status bagi pemakainya.

  1. Kemben

Kemben dengan motif batik biasanya dipakai oleh wanita istana di Keraton, dan Seiring berjalannya waktu kemben tersebut mengalami perubahan dengan berbagai model. Mulai dari kemben yang ketat dan dilengkapi dengan kancing, tali maupun resleting yang serupa dengan korset.

  1. Kuluk

Hampir sama fungsinya seperti blangkon, kuluk juga merupakan penutup kepala bagi pria jawa. Kuluk adalah kopiah kebesaran yang biasanya memiliki berbentuk kaku dan tinggi, biasanya digunakan oleh pengantin pria dalam momen tertentu di upacara pernikahan adat Jawa. Pada zaman dahulu kuluk ini biasa dipakai oleh raja raja pada acara tertentu.

Itulah penjelasan singkat pada artikelĀ pendidikan kali ini, trimakasih karena sudah membaca artikel ini hingga tuntas dan semoga bermanfaat.

Author: info